12 February 2011

Jaringan Komputer

         Lalu lintas informasi, khusunya di dunia bisnis di perusahaan-perusahaan sangat padat. Pengolahan data dan informasi mejadi sangat vital dan secara cepat harus segera diketahui oleh seluruh bagian dalam tim. Oleh karena itu diperlukan jaringan komputer dimana satu komputer tersambung ke komputer lain. Komputer yang terhubung satu dengan yang lain itulah yang dinamakan “Jaringan Komputer”.
        Sebuah jaringan komputer terdiri atas sebuah komputer server dan komputer yang lain sebagai komputer klien. Sesuai dengan namanya, komputer server bertugas melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer klien yang berada dalam sebuah jaringan, dan bertugas mengatur aliran data dalam jaringan tersebut. Komputer server juga berperan menjadi WEB Server yang berfungsi menyimpan halaman-halaman WEB dari sebuah situs WEB dan juga sebagai Mail Server, yang memberikan layanan E-Mail. Komputer server juga berfungsi sebagai penghubung komputer klien ke Internet.



Manfaat Menggunakan Sistem Jaringan:


1. Membagi Sumber Daya
Jaringan Komputer dapat dimafaatkan untuk berbagi sumber daya apa saja, misalnya data-data, program, dan sebagainya.



2. Menjaga Reliabilitas
Data dari satu komputer dapat di kopi ke komputer lain, sehingga jika terjadi kerusaka pada komputer yang satu dapat menggunakan data pada komputer yang lain. Dengan begitu, rasa aman dapat dijamin tanpa khawatir kehilangan data.



3. Menghemat Uang
Dikatakan menghemat uang karena ada yang bisa di hemat dengan menggunakan sistem jaringan. Misalnya: kita tidak memerlukan 10 printer untuk 10 komputer karena dengan sistem jaringan cukup dengan 1 printer saja.



4. Menjadi Sarana Komunikasi
Sebuah perusahaan besar yang terdiri dari beberapa ruang, komunikasi antar ruang dapat dilakukan melalui komputer server. Misalnya pengumuman, dapat di tulis pada komputer server yang otomatis dapat dibaca oleh seluruh pengguna komputer klien.

No comments:

Post a Comment