12 February 2011

Fasilitas-Fasilitas di Internet


Web berisi banyak sekali informasi, bahkan lebih banyak dari pada perpustakaan dunia yang paling besar. Di internet, kalian dapat melakukan apa saja, mulai dari membaca komik, menonton film, mendengarkan lagu, dan masih banyak lagi.
  • E-Mail
E-Mail adalah salah satu manfaat internet yang paling popular digunakan orang. Kalian dapat mengirim pesan E-Mail kepada siapapun melalui E-Mail dan kiriman kalian itu akan tiba secara cepat di boks penerimaan meskipun ia sedang berkeliling dunia.
  • Instant Messaging (IM)
Instant Messaging (IM) bahkan dapat membuat kalian melakukan percakapan langsung dengan orang lain atau sekelompok orang. Ketika kalian mengetik atau mengirim Instant Message, pesan itu secara langsung dapat dilihat oleh seluruh pengguna. Tidak seperti E-Mail, layanan ini mengharuskan seluruh pengguna dalam keadaan On-Line atau terhubung ke internet dan berada di depan komputer pada waktu yang sama.
  • Newsgroups
Newsgroups dan web-based forums memungkinkan kalian bergabung dalam diskusi melalui teks dengan orang lain yang tertarik pada topik yang sama.
  • Photo Sharing
Kalian dapat mengkopi gambar dari kamera digital kalian kedalam photo-sharing website. Lalu kalian mengundang teman atau keluarga untuk mengunjungi situs web kalian unuk melihat album foto tadi.
  • Shop
Shop adalah mall terbesar di dunia. Kalian dapat melakukan browsing dan memesan produk-produk seperti buku, musik, mainan, pakaian, elektronik, dan masih banyak lagi pada situs web penyedia (biasanya pembayaran melalui kredit card). Kalian juga dapat menjual dan membeli barang melalui situs web tersebut yang menggunakan auction-style bidding.
  • Play
melalui fasilitas Play, kalian dapat bermain games apa saja melalui web (bahkan melawan pemain asing) dimanapun mereka berada. Banyak games bebas biaya, dan kalian bias juga mendownload games tersebut. Kalian dapat juga mendengarkan musik melalui stasiun radio internet, nonton video klip film, dan mendownload atau memesan musik, video, bahkan pertunjukan TV.
  • Intranet
Sebuah organisasi atau lembaga yang memiliki banyak komputer biasanya memiliki dan mengoprasikan jaringan internet tersendiri (pribadi lembaga tersebut) yang dimakan Intranet yang terhubung ke semua komputer dalam organisasi tersebut. Tidak seperti akses internet pada umumnya, Intranet dengan ketat menjaga keamanannya. Hanya pada komputer tertentu pada lembaga tersebut yang dapat terhubung ke Intranet.
Lembaga tersebut dengan keras membatasi komunikasi antara Intranet dengan Internet global. Mereka hanya mengizinkan komputer pada lembaga tersebut untuk dapat merubah informasi yang ada, tetapi dengan menjaga informasi yang bersifat rahasia dan tetap terlindungi dari pengguna luar.

No comments:

Post a Comment