12 February 2011

Jenis-Jenis Jaringan


        Secara fisik, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Jaringan dengan Kabel danJaringan Tanpa Kabel (Wireless Network). Jaringan dengan Kabel adalah “Jaringan yang menghubungan beberapa komputer dengan menggunakan kabel”. Sedangkan Jaringan Tanpa Kabeladalah “Jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dengan menggunakan Gelombang Radio”..Jaringan Tanpa Kabel memungkinkan komputer terhubung dengan komputer lain tanpa harus berada di tempat tertentu.
Dilihat dari Luas Areanya, Jaringan dapat dibedakan menjadi 4:
1.  Local Area Network (LAN)
Jaringan LAN adalah “Jaringan yang terdapat di sebuah tempat tertentu saja.” Misalnya Gedung Kantor. Sistem Jaringan ini dibuat untuk menghemat biaya dan saling berbagi sumber daya.
2.  Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah “Jaringan LAN yang lebih luas. Komputer yang dihubungkan tidak hanya dalam satu gedung saja, tetapi ada di seluruh kota”. Sistem jaringan ini digunakan untuk berbagi sumber daya antar instalasi pemerintah, Bank, atau cabang-cabang dari sebuah perusahaan.
3.  Wide Area Network (WAN)
WAN lebih luas lagi dari MAN. Jaringan ini bias mencakup geografis yang sangat luas, bahkan mencakup sebuah Negara atau Benua. Jaringan ini banya digunakan oleh perusahaan-perusahaan Internasional.
4.  Internet
Internet sebenarnya juga merupakan sebuah jaringan komputer, bahkan Internet mencakup seluruh belahan Dunia. Maka Internet dapat juga disebut “Sebuah Jaringan Yang Paling Luas Areanya” atau “Gabungan dari LAN, MAN, dan WAN yang berada di seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment